Sabtu, 15 Desember 2007

Tips Menjaga Sepatu Kesayangan

Nah, pasti kalian punya sepatu kesayangan masing-masing donk..? Kalo yang formal sih jawabannya "Iya". Soalnya, enggak mungkin donk kalo kita ngga sayang sama sepatu qta yang udah nolongin kita jalan-jalan ke mana aja. And ngga mungkin banget kalo kita pengen sepatu kesayangan kita itu rusak. Wuiiih... kalo yang mau mah itu orang ngga waras namanya. Karena itu, gue mau ngsih tips ke kalian-kalian semua biar sepatu kita awet. Baca ya...
1. Simpan di tempat kering
Simpanlah selalu sepatu kesayangan kita di tempat yang kering atau ngga lembab. Hindari menyimpan di dalam kotak tertutup. Dengan begitu, sepatu kita ngga akan berjamur. Tapi, hindari juga terkena panas atau sinar matahari langsung. Soalnya, kulit sepatu kita akan pecah-pecah alias mengelupas. Wah, sayang, kan?

2. Dilap dengan hati-hati
Supaya sepatu kita selalu terlihat kinclong, lap-lah secara teratur dengan menggunakan lap khusus dengan bahan yang lembut. Atau, oleskan semir sepatu pada sepatu yang terbuat dari bahan kulit.
Ketika mengelap, lakukanlah secara perlahan-lahan dan hati-hati. Hindari mengelap dengan tambahan air untuk sepatu yang terbuat dari kulit atau suede agar tidak cepat rusak. Oh, ya, jika sepatu kesayangan kita bewarna putih, alangkah baiknya jika dilap secara merata dengan memakai tambahan odol putih.

3. Semprotkan foot spray
Semprotkan foot spray atau pewangi khusus sepatu pada bagian dalam sepatu kesayangan kita. Sehabis disemprot, jangan langsung dipakai. Diamkan dulu beberapa saat. Hmm... niscaya sepatu kita akan terhindar dari bau tak sedap yang pastiya sangat ngga kita inginkan.

4. Siapkan pengganjal
Supaya sepatu kesayangan kita ngga berubah bentuk, selipkan pengganjal khusus pada bagian dalam sepatu. Kalau tidak ada pengganjal, bisa pakai gumpalan kertas koran bekas. Trus, letakkan sepatu tersebut di rak dengan posisi berdiri.

5. Rekatkan dengan lem khusus
Kalo ada bagian dari sepatu kita yang terlepas, coba rekatkan kembali dengan lem khusus. Perhatikan cara pemakaian lem tersebut yang tercantum pada kemasannya. Atau, bisa juga kita bawa ke toko khusus reparasi sepatu. Hmm... sepatu kesayangan kita akan tampak rapi kembali seperti sepatu baru.

Nah...nah...nah... sekarang kalian udah dapet tips-tipsnya kan...? Berarti sekarang ngga ada alasan lagi kalo sepatu kita cepat rusak. Selamat mencoba tips-tips ala Gita...

Tidak ada komentar: