Sabtu, 15 Desember 2007

Stop Global Warming dengan Menjaga Lingkungan


Guys, pasti lo tau khan arti dari global warming? Tobat deh kalo ngga tau. Hari gini enggak tau artinya global warming, cape dech... Bumi kita lagi dalam keadaan bahaya nih gara-gara global warming. Es di kutub mencair, banyak bencana alam, dan masih banyak lagi dampak-dampak dari global warming. Tentunya kita harus mencari cara agar bumi kita ini tidak hancur lebur akibat global warming. Salah satunya adalah menjaga lingkungan. Gimana sich cara menjada lingkungan itu? Simak tips-tipsnya!
Hemat air
* Tutup rapat-rapat keran air setelah digunakan.
* Saat membantu ibu mencuci piring, jangan membersihkan di bawah air keran yang mengalir.
* Saat sikat gigi, gunakan segelas air untuk berkumur. Jangan membiarkan air keran terus mengalir selama menyikat gigi.

Hemat energi
* Matikan lampu, TV, radio, atau alat elektronik lainnya saat ngga dipakai.
* Gunakan lampu neon sebagai pengganti lampu pijar. Selain lebih terang untuk jumlah pemakaian energi yang sama, lampu neon juga lebih tahan lama
* Hindari penggunaan kendaraan untuk menempuh tempat yang berjarak dekat. Biasakan jalan kaki, selain lebih sehat, polusi juga dapat dikurangi.

Tanam pohon
* Tanam pohon di taman rumah atau sekolah lo. Pohon-pohonan dapat menyerap gas karbondioksida yang beracun dan memproduksi oksigen yang dibutuhkan untuk bernapas.

Sampah
* Biasakan membuang sampah pada tempatnya.
* Bawa tas belanjaan sendiri saat membantu ibu berbelanja ke pasar untuk mengurangi penggunaan plastik
* Coba gunakan kembali barang-barang yang masih dapat digunakan. Contoh: botol bekas untuk vas bunga, kertas bekas untuk kertas coret-coretan.
note: kalo kalian punya kreativitas unik dari barang-barang bekas coba di post ke blog gue nanti kreativitas lo bakal gue publikasikan.
* Kalau membawa makan ke sekolah, gunakan wadah yang dapat digunakan kembali.

Nah, kalo kalian udah baca tips-tips menjaga lingkungan yang di atas berarti kalian udah waktunya bertindak untuk mengurangi pemanasan global. Stop global warming !

Tidak ada komentar: